Kenapa Harus Liburan ke Jepang Musim Sakura? Temukan Alasannya di Sini

hanami

Kenapa Harus Liburan ke Jepang Musim Sakura? Temukan Alasannya di Sini

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Apa sih yang membuat negara ini begitu menarik untuk dikunjungi? Jika ditanya kenapa alasan berlibur ke Jepang, pasti banyak orang yang menjawab ingin melihat musim sakura.

Ya, sakura merupakan salah satu jenis tumbuhan yang menjadi ikon di negara Jepang. Bunga ini memiliki bentuk yang indah dengan warna cerah dan membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa bahagia.

bunga sakura

Image from Google

Lantas, Kenapa Harus Liburan ke Jepang Saat Musim Sakura?

Uniknya lagi, ada banyak wisatawan yang berasal dari berbagai negara lebih memilih liburan ke Jepang pada saat musim sakura. Memangnya apa istimewanya musim sakura? Kenapa tidak berlibur di musim lain seperti musim gugur, musim panas atau bahkan musim dingin?

Ditanya soal alasan, tentunya setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda dalam menafsirkan pertanyaan kenapa harus liburan ke Jepang musim sakura. Ya, sebab setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa memilih liburan di musim sakura.

Nah, bagi Anda yang mau tahu alasannya dan ingin liburan ke Jepang, Anda perlu tahu fakta-fakta menarik dari Bunga Sakura di Jepang terlebih dahulu. Dari sinilah Anda akan mulai yakin dan tertarik untuk berlibur ke Jepang di musim sakura.

  • Perlu Anda Tahu bahwa Musim Sakura Hanya Terjadi di Jepang Saja

Di negara ini terdapat 600 varietas pohon sakura yang berbeda. Dari 600 varietas tersebut, sepuluh diantaranya merupakan varietas pohon sakura yang asli termasuk sakura Yamazakura.

Sedangkan sisanya, merupakan pohon sakura hasil varietas yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi sains yang canggih. Bunga Sakura ini juga tidak berbunga begitu saja, semua varietas berbunga berdasarkan bulan mekarnya.

tour sakura

Image from Google

Namun, jenis Bunga Sakura akan berbunga dari bulan Februari hingga April, sehingga bulan April-lah yang menjadi puncak mekarnya Bunga Sakura di Jepang.

  • Sakura Memiliki Nama Latin Prunus spp yang Memiliki Peranan Penting dalam Budaya Jepang

Hal ini dibuktikan dengan berbagai jenis karya sastra Jepang yang tercipta dengan menggunakan Bunga Sakura.

Misalnya saja dalam penggarapan film, dalam pembuatan puisi, lagu dan masih banyak lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa sakura memiliki ruang tersendiri di mata masyarakat Jepang secara umum.

  • Bunga Sakura juga Muncul di dalam Peribahasa Jepang

Kemunculan Bunga Sakura ini pada saat zaman pertengahan dengan bunyi “hana wa sakuragi, hito wa bushi” yang memiliki arti bunga yang terutama adalah sakura, laki-laki yang terbaik adalah prajurit (Samurai).

Bahkan, ada pula sebuah film anime yang menggambarkan pohon sakura sebagai metafora dari kehidupan manusia itu sendiri. Bahkan, ada juga yang menyebutkan bahwa kelopak setiap Bunga Sakura akan jatuh dengan kecepatan 5 cm/s.

wisata bunga sakura

Image from Google

Dari gerakan ini sering disamakan dengan gambaran bagaimana orang melakukan sesuatu hal secara bersamaan, namun ia akan terpisah pula secara perlahan. Hal ini menunjukkan bahwa Bunga Sakura tidak hanya indah dipandang, namun juga memiliki makna yang indah bagi kehidupan.

  • Pohon Sakura Hanya Berbunga Setahun Sekali

Oleh sebab itu pada saat sakura berbunga, berbondong-bondong wisatawan dari berbagai negara ingin melihatnya. Bunga ini juga hanya berbunga di musim semi saja yang dimulai dari pertengahan bulan Januari. Namun, hal ini juga ditentukan dengan cuaca dan lokasi dari Bunga Sakura tersebut.

Nah, di awal Bulan April-lah bunga-Bunga Sakura yang indah dan mempesona akan mulai bermekaran. Keindahan mekarnya Bunga Sakura ini akan mewarnai indahnya musim semi di Jepang selama satu sampai dua minggu saja.

  • Meskipun Singkat, Keindahan dari Bunga Sakura Tidak Pernah Terlupakan

keindahan bunga sakura di malam hari

Image from Google

Hal ini sama dengan kehidupan manusia yang singkat dan tak abadi meskipun indah. Tak akan ada yang tahu kapan hidup manusia akan berakhir. Tidak heran jika keindahan Bunga Sakura yang ada di Jepang begitu dipuja-puja oleh para wisatawan. Bahkan, keindahan dari Bunga Sakura ini juga dimanfaatkan oleh industri industri periklanan untuk mempromosikan bisnis dan industrinya.

  • Piknik di Bawah Pohon Sakura Sambil Melihat Keindahannya

Kini Anda sudah tahu kenapa harus liburan ke Jepang musim sakura? Ini karena Bunga Sakura memang sangat dipuja-puja oleh semua orang. So, Anda juga harus merasakan bagaimana indahnya piknik di bawah pohon sakura yang nyata.

hanami

Image from Google

Anda harus tahu bahwa piknik di bawah pohon sakura merupakan sebuah tradisi yang ada di Jepang. Maksud dari piknik adalah Anda mengunjungi dan melihat indahnya Bunga Sakura dari bawah pohon.

Tradisi ini juga sudah ada sejak 8 abad yang lalu dan masih dijalankan hingga saat ini. tepatnya pada saat masa periode nara yakni tahun 710-994 M. Tradisi ini sendiri disebut dengan nama hanami bagi orang-orang Jepang.

  • Hanami, Awalnya Hanyalah Sebuah Festival yang Dilakukan di Wilayah Kerjaan Saja

Namun, lama-kelamaan para rakyat jelata juga tertarik dan meniru festival ini. Hanya saja untuk pesta hanami yang dilakukan oleh masyarakat Jepang saat ini ditemani dengan onigiri, sake dan juga bento sebagai bekal piknik.

Nah, pada saat tradisi hanami ini dijalankan, maka setiap kawasan yang terdapat Bunga Sakura di dalamnya akan dipadati banyak orang yang datang untuk piknik akan berebutan untuk memotret indahnya sakura.

  • Salah Satu Lokasi yang Paling Ramai Dipadati oleh Para Pengunjung adalah Ueno

Tempat ini menjadi tempat yang paling populer dan ramai. Pasalnya, di taman ini terdapat 1000 pohon sakura yang berdiri dengan kokohnya dengan bunga-bunga yang sangat cantik.

Taman Ueno

Image from Google

Selain Ueno, taman Shinjuku juga bisa dijadikan pilihan menyaksikan indahnya Bunga Sakura. untuk menuju ke taman ini juga mudah sebab letaknya dekat dengan stasiun Shinjuku. Adapun jumlah pohon sakura di tempat ini sebanyak 1000 pohon dengan varietas yang berbeda. Alhasil, bunga yang mekar tidak mekar secara serentak. Namun, Anda tetap bisa menyakinkan indahnya bunga ini jika Anda ketinggalan di awal musim.

Selain kedua tempat di atas, ada lagi tempat yang unik untuk melihat indahnya Bunga Sakura. Jika pada umumnya Bunga Sakura disaksikan di siang hari, maka di tempat ini adalah spot yang paling indah adalah di malam hari. Sebab, saat malam Bunga Sakura akan terpancar cahaya malam yang membuatnya terlihat lebih romantis.

Taman Shinjuku

Image from Google

Sedangkan untuk Anda yang ingin piknik Bunga Sakura namun tidak memiliki bekal makanan, maka taman Yoyoi ini adalah pilihan yang paling tepat. Sebab, di tempat ini Anda akan menemukan berbagai jenis makanan yang dijual dengan harga yang beragam. So, Anda tetap bisa menikmati indahnya Bunga Sakura dan berpiknik ria di taman.


Bagaimana? Bukankah kini Anda sudah tahu alasan kenapa harus liburan ke Jepang saat musim sakura? Ya, hal ini tentunya karena keindahan yang dipancarkan dari Bunga Sakura itu sendiri. Selain keindahan, bunga ini juga kaya akan makna kehidupan. Pantas saja jika sakura menjadi salah satu jenis tanaman yang dipuja-puja masyarakat Jepang.

Similar airticle

  1. 9 Tempat Wisata di Osaka Terbaik Untuk Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba

  2. 5 Tempat Romantis di Jepang

  3. Meguro River Cherry Blossoms

    10 Lokasi Sakura Terbaik di Tokyo yang Bisa Dikunjungi

  4. 5 Wisata Jepang Yang Wajib Dikunjungi di Hiroshima

  5. 5 Hal yang Harus Dilakukan di Shizuoka

  6. Pertama di Dunia: Starbucks Bernuansa Jepang

  1. Apa bedanya Tokyo DisneyaLand dan DisneySea? Cari Tahu Juga Car…

    2019.08.18

  2. Inilah Oleh-oleh Murah dan Halal dari Jepang dan Tempat Kamu Bi…

    2019.08.06

  3. Restoran Halal Murah Meriah di Tokyo

    2019.07.09

  4. 4 hal Seru dan Unik yang wajib dikunjungi saat Musim Dingin di …

    2019.06.29

  5. Destinasi Wisata Jepang yang Menarik di Bulan Juli

    2019.06.22

  1. There is no registered post.
Hubungi kami via WhatsApp