Ramen di Osaka yang Wajib Anda Coba!

Ramen adalah makanan yang memiliki jiwanya sendiri, bukan seperti mie gelas instan, perlu seni untuk membuat ramen yang lezat. Tidak mudah membuat sajian ini, ditambah dengan kombinasi bahan-bahan dan berbagai macam bumbu perasa. Ramen dikategorikan berdasarkan daerah serta sang juru masak. Untungnya, Osaka berada tepat di tengah Jepang, dan banyak orang dari berbagai daerah berjualan dan menyajikan makanan khas sesuai daerah mereka.

Berikut ini adalah daftar restaurant ramen di Osaka, kebanyakan terletak tepat di tengah kota, dan beberapa berada di luar prefektur Osaka. Daftar ini berdasarkan pengalaman, rekomendasi, serta panduan lokal (kebanyakan dari Ramen Walker). Saya sendiri sudah mencoba semua restaurant tersebut. Nama-nama toko serta alamat dibawah ini ditulis dalam kanji Jepang, yang tidak akan muncul apabila browser Anda belum ter-install Bahasa Jepang. Informasi ini sangat berguna bagi para pengguna yang bisa membaca dan berbahasa jepang, juga bagi mereka yang tidak bisa – dapat menunjukkan langsung kepada supir taxi apabila kalian menggunakan taksi, atau kepada orang-orang disekitar Anda. Anda juga dapat klik alamat yang tertera untuk menemukan lokasinya di Google Maps yang memuat nama-nama stasiun dalam Bahasa Inggris.

Ramen Tutorial

Kaldu: Sup adalah hal yang paling mendasar pada ramen, ramen dengan kaldu yang berkualitas tidak baik, tidak dapat dikatakan ramen tersebut enak. Empat bahan dasar untuk sup adalah shoyu (saus kedelai), miso, shio (garam), dan tonkotsu (sup tulang babi). Tonkotsu yang paling populer adalah di Kyushu, paling terkenal diantara pecinta ramen, rasa lainnya pun cukup enak apabila diolah dengan tepat. Ada banyak pula sup lain seperti campuran bahan diatas, ayam, konbu, dan lainnya.

Mie: Mie adalah hal berikutnya yang bisa dijadikan penilaian untuk sebuah ramen, meskipun Saya pernah mendapati ramen dengan sup dan cashu yang cukup enak tapi mie yang tidak mendukung. Mie yang didapat dari produksi massal biasanya kurang memuaskan, berbeda dengan mie yang dibuat sendiri (biasanya pada toko-toko kecil , local) terasa lebih lezat. Tingkat kekerasan pada mie juga bergantung pada toko dan daerah (contohnya Toko ramen Hokkaido yang berada di Osaka). Saat Anda memesan, Anda bisa meminta katame jika Anda menginginkan mie yang keras, dan yawarakame untuk mie yang lebih lunak (atau tidak perlu instruksi khusus).

Topping (Isi): Isi yang paling sering digunakan untuk ramen adalah nori (rumput laut kering), cashu (daging dengan lemak babi), kamaboko (irisan olahan daging ikan), moyashi (tauge), bawang, daun bawang, shinachiku (rebung), jamur, beni shoga (acar jahe merah), dan telur rebus. Jagung tidak sering digunakan, beberapa bahan lain yang jarang digunakan sering ditemukan di toko-toko kecil – selama rasanya cocok untuk ramen. Kualitas dari bahan-bahan yang digunakan dapat mengubah kualitas ramen: tidak cocok, daging dengan kualitas tidak bagus, banyaknya sayur-sayuran untuk menutupi mie dan kaldu yang tidak sedap dapat meninggalkan rasa yang buruk. Di sisi lain, campuran sempurna dari bahan-bahan yang baik dalam jumlah yang tepat akan menjadikan rasa yang lezat.

Panas atau dingin: Ramen biasanya disajikan dalam keadaan panas, tetapi ada pula pilihan menikmati reimen, hampir sama namun mie dan kuah disajikan dalam keadaan dingin dan terpisah. Mie yang disajikan terpisah dari kuah disebut tsukemen, cara menikmatinya yaitu mencelupkan mie tersebut ke dalam mangkuk soup dan memakannya. Mie yang disajikan dalam keadaan dingin pada toko ber-AC akan ramai pengunjung saat musim panas di Osaka.

Cara Makan: Ramen akan disajikan dengan sendok dan sumpit, serta bahan pelengkap seperti bawang putih, jahe, beni shoga, saus, dan bumbu rempah di depan Anda. Anda bisa menambah apapun, dan mencoba soupnya terlebih dahulu dengan sendok. Gunakan sumpit saat Anda menyuap, bersamaan dengan menghirup dan menelan ramen – cukup penting, karena akan menurunkan mie dengan lebih cepat sekaligus mengurangi panasnya. Mengeluarkan suara waktu menghirup saat Anda menikmati ramen adalah hal yang normal di Jepang, meskipun Anda merasa malu saat pertama mencobanya. Setelah menghabiskan mie dan isinya, angkat mangkuk dan langsung minum untuk menikmati sisa kuahnya. Banyak negara lain yang tidak memiliki kebiasaan makan seperti ini, tidak perlu merasa canggung atau ragu saat Anda melakukan hal ini di Jepang.. Orang-orang akan lebih terkesan jika Anda bisa menikmatinya seperti orang local.

Hakata Ippudo

博多 一風堂

Deskripsi : Ramen Ippudo, berasal dari Hakata (Kyushu), populer di penjuru Jepang, Saya sendiri menyukai sejak saya bersekolah di Tokyo. Memiliki dua macam kaldu – “merah” dan “putih” – dua-duanya sangat lezat (Meskipun saya lebih menyukai yang putih). Set makan siang terdiri dari ramen, ghyoza, dan nasi (untuk para pelajar, harganya terjangkau dan porsi banyak). Anda juga dapat meminta tingkat kekerasan mie dalam Sembilan level, dari lunak hingga keras.

Rekomendasi: Pesan ramen saat makan siang, Anda dapat menambah 100 yen untuk nasi dan gyoza untuk porsi yang lebih padat.

Jam Buka: Berbeda setiap toko, rata-rata dari jam 11.00 – 03.00

Akses: Toko di Namba (2-3 menit jalan kaki dari Nankai Namba atau Stasiun Namba Subway) dan Toko di Umeda (5-7 menit jalan kaki dari Stasiun Umeda, dekat Hankyu Higashi-dori)

URL: http://www.ippudo.com/index.html (Japanese)

  • Umeda Shop: 06-6363-3777 / 大阪市北区角田町6-7 角田町ビル

  • Namba Shop: 06-4397-6886 / 大阪市浪速区難波中3-1-17

Shi-ten-noh

四天王

Deskripsi: Shi-ten-noh menyediakan ramen berkualitas dalam pilihan rasa tonkotsu-shio, tonkotsu-shoyu, dan tonkotsu-miso, patut dicoba tonkotsu-shio nya. Memang bukan chashu dan mie yang terbaik, tetapi untuk restaurant ramen, harga yang ditawarkan cukup murah dan enak. Ditambah ramen dengan soup shio-based sangat jarang ditemukan. Cobalah restaurant ini.

Rekomendasi: Tonkotsu-shio chashumen. Tidak akan membuat Anda menyesal.

Jam Buka: Berbeda setiap toko, rata-rata dari jam 11.00 hingga 02.00 – 03.00

Akses: Karena ada banyaknya ramen Shi-ten-noh ini, yang paling terjangkau berlokasi di Namba. Toko di Namba-Naka kira-kira 2 menit jalan kaki dari Stasiun Nankai Namba; Toko di Sennichimae 5 menit dari Nipponbashi atau Stasiun Namba; dan Toko di Dotonbori terletak di kisaran sepanjang jalan Dotonbori, 5 menit dari Stasiun Namba. Juga ada toko yang di berada dekat Stasiun Nakatsu pada Line Subway Tanimachi, dekat Umeda.

URL: http://www.shitennou.jp/ (Japanese)

  • Namba-naka Shop: 06-6633-8808 / 大阪市浪速区難波中1-18-8 大阪開発難波ビル

  • Sennichimae Shop: 06-6649-3372 / 大阪市中央区千日前2-11-4

  • Dotombori Shop: 06-6212-6350 / 大阪市中央区道頓堀1-7-25 タカコ第五ビル

  • Nakatsu Shop: 06-6375-7815 / 大阪市北区豊崎5-7-5 第2北梅田ビル1F

Men’ya Eguchi

麺屋えぐち

Deskripsi: Toko ramen kecil ini terletak agak tersembunyi dari Stasiun Esaka di daerah perumahan, cukup penuh pengunjung dengan antrian menjalar sampai ke jalanan. Kaldu yang gurih, mie yang lezat, dan rasa yang bercampur sempurna, juga porsi yang cukup banyak dengan harga terjangkau yang ditawarkan, toko ini patut dicoba. Mungkin ini toko ramen terbaik yang pernah Saya datangi di area Hokuetsu, Osaka.

Rekomendasi:  basic Tsukesoba

Jam Buka: 11 pagi – 2.30 Pagi dan 6 sore – 11 malam (Minggu dan hari libur pukul 10 malam)

Akses: 5 menit jalan kaki keluar dari Stasiun Esaka pada Line Kita Osaka Kyuko (operate from the Midosuji Subway Line).

  • 06-6338-0077 / 大阪府吹田市江坂町1-4-20

Hokkaido Nagurikomi Ramen Betsubara

北海道なぐりこみラーメン 米通腹

Deskripsi: toko ramen yang merupakan usaha keluarga ini  terletak di perumahan dekat Stasiun subway Nishinagahori. Mereka menyediakan ramen Hokkaido dengan jenis mie yang tebal dan padat dengan konbu dan tonkotsu sebagai dasar kaldunya. Jumlah yang disajikan dibatasi hanya 100 mangkuk perharinya.

Rekomendasi: Kiwamiso, menggunakan kuah miso dan mie yang kenyal terbuat dari kentang Hokkaido.

Jam Buka: 11.30 – 15.00, 17.00 – 22.00 (weekdays), 11.30 – 22.00 (weekends)

Akses: 3 menit jalan kaki dari Exit 1 dari Stasiun Nishinagahori (Line subway Sennichimae and Nagahori Tsurumi-ryokuchi

  • 06-6535-7218 / 大阪府大阪市西区新町3-7-5

Men’ya Kurobune

麺屋 黒船

Deskripsi: Yang paling mengejutkan dari Kurobune bukan harga makanan set mereka, pilihan yang banyak, ataupun member card yang bisa memberikan pelanggan side dish gratis setiap mereka berkunjung lagi – tetapi miso ramennya. Miso bukan salah satu rasa favorite saya, karena biasanya terasa kurang jika dibandingkan yang lain, tapi miso ramen disini berbeda dari yang lain. Setelah mencoba sekali di Kurobune, Saya tahu ini akan jadi favorite saya di Osaka. Anda harus coba baru percaya.

Rekomendasi: Miso Ramen. Kemudian , shionegi-men , dengan timbunan daun bawang serta bawang putih dan kaldu yang terasa ringan.

Jam Buka: 11.00 – 02.00 (Senin-Kamis), hingga 05.00 (Jumat dan Sabtu), serta hingga tengah malam (Minggu dan hari libur)

Akses: 1 menit jalan kaki dari Exit 4 Stasiun Yotsubashi (Yotsubashi Subway Line), yang terhubung underground dengan Stasiun Shinsaibashi (Line subway Midosuji and Nagahori Tsurumi-ryokuchi)

URL: http://www.ship-kuro.com/ (Japanese)

  • 06-6531-0241 / 大阪府大阪市西区北堀江1-6-5 欧州館1F

Kinryu Ramen

金龍ラーメン

Deskripsi: Orang Osaka mana yang tidak mengenal Ramen Kinryu? Toko Ramen yang terkenal di Dotonbori, dan Anda akan menemukan banyak toko sepanjang distrik ini. Yang sudah terkenal disini adalah murah, cepat dan enak. Jika Anda sudah lama berada di Osaka namun belum sempat mencobanya, segera datang kemari. Ramen ini cukup terjangkau dan bisa dikunjungi baik siang maupun malam sesuai dengan kesibukan masyarakan Namba. Anda bisa langsung mengenali toko ini dengan lambang naga raksasa yang ada didepan toko.

Rekomendasi: semangkuk ramen sekitar pukul 5 pagi setelah Anda pulang dari bar

Jam kerja: Berbeda tiap toko, untuk yang berlokasi di Namba buka  24 jam (termasuk yang berada di Midosuji Boulevard)

Akses: Ada beberapa toko sepanjang Dotonbori dan sekitar kota, tapi yang paling mudah dijangkau yang berlokasi di Midosuji Blvd, di pintu masuk jalan Dotonbori (dekat Stasiun Namba, lime Midosuji)

  • 06-6211-3999 / 大阪府大阪市中央区難波1-7-13

Sodaisho

総大醤

Deskripsi: Sodaisho adalah tempat kecil yang terkenal dengan antriannya yang sangat panjang. Sajian special terletak pada kaldu shoyu yang terasa kental dan lezat. Banyak bintang film dan selebriti berkunjung kemari untuk menikmati ramen disini. Untuk sajian Chasu-don nya, yakni donburi dengan nasi, mayonnaise, nori, dan chashu, nampak sedikit aneh namun sangat lezat. Untuk shoyu ramen, tidak ada yang lebih baik dari Sodaisho.

Rekomendasi: Shoyu Chashumen dan Chasu-don untuk sajian mantap dengan rasa khas Sodaisho.

Jam Buka: 11.00 – 15.00, 17.30 – tengah malam

Akses: 4 menit jalan kaki keluar Exit 11 dari Stasiun Tenjinbashisuji 6-Chome (Line subway Tanimachi dan Sakaisuji).

  • 06-6375-8260 / 大阪府大阪市北区浮田2-4-16

Men’ya 7.5 Hz+

麺屋7.5Hz+

Deskripsi: meskipun namanya terdengar agak aneh, ramen disinipun cukup enak. Murah dan memuaskan, restaurant inipun memiliki layout unik yang terdiri dari individual booth, tak perlu merasa sungkan saat Anda pergi sendirian. Sup disini kaya akan rasa shoyu-nya dengan rasa yang unik.

Rekomendasi: pilihan tepat : basic shoyu ramen seharga 600 yen

Jam Buka : 11.00 – 22.30

Akses: Cabang Dotonbori berlokasi sekitar 3 menit jalan kaki dari Exit 2 Stasiun Nipponbashi (Sakaisuji and Sennichimae Subway Lines, Kintetsu Lines).

  • 06-6212-6616 / 大阪府大阪市中央区道頓堀1-1-4 笑POINTビルB1F

Kio

亀王

Deskripsi : Kio (berarti Raja Kura-kura) salah satu restoran ramen yang akan cukup banyak ditemukan seperti toko Shi-ten-noh. Menu andalannya chashumen, yang berporsi besar serta dengan irisan daging babi yang lezat. Inilah alasan kenapa Saya mengunjungi Kio. Saya juga menyarankan Anda untuk mencoba reimen (ramen dingin) saat musim panas di Osaka.

Rekomendasi: Chashumen kecuali saat musim panas, lebih lezat untuk menikmati semangkuk reimen.

Jam Buka: berbeda tiap toko, rata-rata buka pukul 11.00 dan tutup kisaran pukul 3.30 – 5.00

Akses: Cabang Dotonbori terletak 5 menit jalan kaki dari Stasiun Namba; Untuk yang berada di Kyobashi sekitar 5 menit dari Stasiun Kyobashi, dan untuk cabang Umeda sekitar 1-2 menit jalan kaki dari Stasiun Higashi-Umeda (Line subway Tanimachi) tidak terlalu jauh dari Stasiun Umeda. Banyak pula cabang lainnya di Osaka.

  • Dotombori (Namba): 06-6484-0090 / 大阪市中央区道頓堀2-2-17 忠兵衛ビル1F

  • Kyobashi: 06-6353-9368 / 大阪市都島区東野田町5-2-23

  • Umeda: 06-6312-1616 / 大阪市北区曽根崎2-7-12

Chuka Soba Hanakyo

中華そば 花京

Deskripsi: Toko kecil ini terletak di area perbelanjaan bagian timur dari stasiun, dan sepertinya ini adalah ramen terbaik yang akan Anda temukan di Kyobashi. Tokonya kecil (berkapasitas sembilan kursi) namun dengan predikat baik, jadi Anda harus bersabar menunggu saat jam makan siang dan makan malam. Pemilik Hanakyo dahulunya adalah karyawan biasa, tapi bercita-cita membuka toko ramen yang lezat, idenya ini bermula ketika Ia masih bersekolah. Delapan tahun bekerja sebagai karyawan, ia memutuskan berhenti untuk membuka toko ramennya ini. Ia sukses dengan tokonya ini dengan menyediakan sajian yang menarik, dan merealisasikan impiannya untuk keluar dari kehidupan pekerja yang hanya bisa Saya impikan.

Rekomendasi: cukup semangkuk tonkotsu chasumen di Hanakyo ini

Jam Buka: 11.00-15.00 dan 17.00 – 01.00

Akses: 3-5 menit jalan kaki dari Stasiun Kyobashi (JR Line, Keihan Line, dan Line subway Nagahori Tsurumi-ryokuchi), agak sedikit jauh jika Anda menggunakan JR Tozai atau Line Gakkentoshi

  • 06-6353-6620 / 大阪府大阪市都島区東野田町3-10-4

Similar airticle

  1. 4 Tempat untuk Melihat Jepang dari Ketinggian? Ini Tempatnya!

  2. Kawachi Fujien

    9 Tempat Wisata Musim Sakura di Jepang yang Wajib Dikunjungi

  3. Aktivitas Seru saat Musim Panas di Jepang

  4. Kebun Binatang Tobu di Balik Kisah Grape-kun

  5. Shiga Kogen

    Butuh Liburan Ke Jepang? Kunjungi 7 Tempat Wisata Musim Dingin di Jepang Ini

  6. Kanesaka

    Cari Kuliner Terbaik di Jepang? Kunjungi 10 Tempat Kuliner di Tokyo Ini

  1. Apa bedanya Tokyo DisneyaLand dan DisneySea? Cari Tahu Juga Car…

    2019.08.18

  2. Inilah Oleh-oleh Murah dan Halal dari Jepang dan Tempat Kamu Bi…

    2019.08.06

  3. Restoran Halal Murah Meriah di Tokyo

    2019.07.09

  4. 4 hal Seru dan Unik yang wajib dikunjungi saat Musim Dingin di …

    2019.06.29

  5. Destinasi Wisata Jepang yang Menarik di Bulan Juli

    2019.06.22

  1. There is no registered post.
Hubungi kami via WhatsApp