Wisata Sains di Kota Tsukuba Ibaraki

Kota Tsukuba adalah kota di Prefektur Ibaraki yang berada di wilayah utara Kanto. Kota ini merupakan kota pemukiman penduduk , sehingga lingkungan yang dianggap kondusif untuk membesarkan anak dan berbagai kegiatan edukatif bisa menjadi pengisi waktu luang bersama keluarga. Akses dari Tokyo adalah dengan kereta Tsukuba Express dari Akihabara, perjalanan ini akan memakan sekitar 45 menit jika memakai jalur ekspress.

Tsukuba terkenal sebagai kota ilmuwan di Jepang, ilmuwan dari berbagai macam negara berkontribusi diberbagai lembaga penelitian yang ada di kota ini. Selain lingkungan yang penuh dengan lembaga penelitian, terdapat pula University of Tsukuba yang menampung mahasiswa asing terbanyak di Jepang. Termasuk mahasiswa asing dari Indonesia, tergolong banyak jumlahnya.

Kota Tsukuba sendiri menyandang slogan Science City, dengan demikian hal-hal yang berkaitan dengan ilmiah sering ditemukan di kota ini. Beberapa lembaga penelitian tersebut menyediakan kegiatan observasi untuk dapat mengunjugi lembaga tersebut. Berikut tempat-tempat rekomendasi berkaitan dengan edukasi di Tsukuba.

1.Tsukuba Botanical Garden

Kebun ini merupakan bagian dari kompleks National Science Museum, yang berisi koleksi tumbuhan dari berbagai iklim dari berbagai dunia. Koleksi tumbuhan tersebut berada dalam rumah kaca sesuai dengan iklimnya. Selain bedasarkan iklim, taman ini juga berisi sesuai dengan habitatnya seperti hutan pinus, rawa sungai, lahan landus dan lain sebagainya. Taman ini dapat dikunjungi secara bebas dan  terdapat pula jam malam untuk musim tertentu. Jam malam ini dibuka untuk mengamati jenis tumbuhan tertentu sehingga perlu mengecek jadwal sebelum memutuskan untuk datang pada jam malam. Terdapat pula taman terbuka yang ditanami bunga musiman sehingga akan tetap menarik mengunjungi taman ini sepanjang tahun.

2. JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency)

JAXA adalah lembaga penelitian aerospace Jepang yang mengontrol ISS (International Space Station) yang dikenal sebagai laboratorium angkasa. JAXA juga membuka kegiatan observasi untuk umum, sehingga wisatawan bisa mengetahui apa saja kegiatan dalam JAXA. Eksibisi yang berkaitan dengan teknologi aeronautika merupakan atraksi utama dari lembaga penelitian ini. Berbagai model roket, planet dan berbagai pengetahuan terkini mengenai penjelejahan angkasa menjadi pemicu yang menarik bagi mereka yang bercita-cita menjadi astronot. Bahkan tempat ini adalah tempat pelatihan astronot Jepang. Pelatihan ini berbentuk karantina dengan berbagai situasi yang mengkondisikan kehidupan di angkasa luar. Bahkan pengalaman karantina ini juga digambarkan dalam manga ‘Space Brothers’ yang menceritakan kakak-adik yang bercita-cita sebagai astronot. Selain pengalaman yang bersifat edukatif, suvenir merchandise yang bernuansa luar angkasa juga sangat menarik. Dari kaos, ATK, pajangan, bahkan sampai replika baju seragam dinas astronot juga di jual di toko tersebut. Selain itu, terdapat pula suvenir menarik, di mesin penjual otomatis dekat ruang tunggu kegiatan observasi. Mesin tersebut menjual makanan luar angkasa yang dikonsumsi oleh para astronot saat di luar angkasa.

3. Tsukuba Expo Center

Masih berhubungan dengan luar angkasa, Tsukuba Expo Center terletak sekitar 10 menit berjalan dari stasiun Tsukuba. Expo Center ini merupakan museum yang menampilkan berbagai model mesin percobaan, dan dapat mempraktekkan langsung untuk menggunakan alat tersebut. Selain pameran berupa eksibisi, tempat ini juga menyediakan planetarium yang dalam sehari bisa menampilkan beberapa acara dengan target pengunjung tertentu. Hal yang bersifat umum, bahkan ada acara yang kolaborasi dengan karakter animasi anak-anak Jepang seperti Youkai Watch dan Detective Conan. Dalam sehari anda bisa menikmati berbagai atraksi planetarium di sini.

4. Geological Museum

Tempat edukasi selanjutnya adalah Geological Museum. Museum ini terletak dalam komplek lembaga penelitian National Institute of AIST (Advanced Industrial Science amd Technology) dalam bidang Geologi Jepang.  Museum ini mempunyai daya tarik utama yakni memamerkan berbagai koleksi peta Jepang. Bagi yang tertarik dengan koleksi spesimen dan kemajuan teknologi ilmu kebumian Jepang dapat mengunjungi museum ini. Pameran di museum ini juga menjelaskan fenomena alam yang terjadi di Jepang seperti gempa, tsunami, badai dan hubungan bumi daratan Jepang dengan dunia.Kunjungan ke museum ini gratis dengan hari kerja hari Selasa sampai Minggu jam 9.30-16.30 JST.

5. Science Square Tsukuba

Science Square Tsukuba merupakan tempat pameran edukasi yang terletak persis di alun-alun stasiun Tsukuba. Dari pusat alun-alun sekitar 5 menit jalan kaki untuk dapat sampai ke lokasi ini. Dalam alun-alun tersebut juga terdapat pusat informasi wisata Tsukuba, sebelum berkeliling. Science Square Tsukuba ini merupakan tempat eksibisi yang dikelola juga oleh AIST yang menampilkan teknologi terkini yang dapat mempermudah kehidupan manusia di masa mendatang. Tempat ini dapat dikunjungi dari hari Selasa sampai Minggu dan tidak dipungut biaya masuk.

6. Perpustakaan University of Tsukuba

Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, dan perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk membuka jendela tersebut. Perpustakaan ini dapat dikunjungi oleh umum dengan menunjukkan identitas dan diperbolehkan untuk membaca di tempat. Koleksi buku di perpustakaan ini tergolong lengkap dan banyak pula sumber dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris, dan untuk buku dalam bidang tertentu terdapat bahasa Jerman, Cina, Perancis dan lain sebagainya.  Untuk mencapai perpustakaan  ini dapat menggunakan bus ke daerah kampus Tsukuba.

Wisata sains tidak harus serius kok! Justru dengan kita menikmati sajian informasi yang ada, kita dapat menambah pengetahuan tanpa disadari, dan sains itu sangat menyenangkan!

Similar airticle

  1. Unkai Terrace

    9 Tempat Wisata Terbaik di Hokkaido yang Perlu Anda Kunjungi

  2. Pergi ke 7 Tempat Wisata Tokyo dalam 2 Hari

  3. 10 Tempat Wisata di Tokyo yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

  4. Rute Tateyama Kurobe Alpine di Jepang

  5. Destinasi Wisata di Jepang: Kawagoe

  6. Mengunjungi Seki Hamono Museum di Jepang

  1. Destinasi Wisata Jepang yang Menarik di Bulan Juli

    2019.06.22

  2. Tips Menggunakan JR Pass untuk Naik Shinkansen di Jepang

    2019.06.15

  3. JR Pass bisa dipakai di mana saja? Ini dia jenis kendaraan yang…

    2019.06.10

  4. Inilah 5 Tempat Belanja untuk Cari Barang Murah di Jepang

    2019.06.01

  5. 5 Rekomendasi Ramen Halal di Jepang dengan Harga Terjangkau

    2019.05.25

  1. There is no registered post.
Hubungi kami via WhatsApp