Tips Menggunakan JR Pass untuk Naik Shinkansen di Jepang

Pada artikel sebelumnya mungkin Anda sudah membaca mengenai JR Pass. JR Pass adalah tiket pas untuk transportasi perusahaan Japan Railway yang bisa dipakai di seluruh Jepang, termasuk untuk kereta cepat Shinkansen. Bagaimana cara menggunakan JR Pass untuk menaiki Shinkansen? Berikut tips untuk naik Shinkansen dengan JR Pass.

Atur rute perjalanan terlebih dahulu

  • Buat daftar destinasi wisata

Destinasi apa saja yang ingin dikunjungi? Mulailah dari pertanyaan ini dan tuliskan terlebih dahulu destinasi apa saja yang ingin dikunjungi.

  • Urutkan destinasi wisata yang ingin dikunjungi

Setelah menuliskan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, saatnya Anda membuka peta dan urutkan lokasi yang ingin Anda kunjungi. Anda juga perlu membuat daftar prioritas Anda sehingga waktu yang Anda gunakan di Jepang bisa lebih efisien.

Untuk dua kota besar yang menjadi tujuan favorit yaitu Osaka dan Tokyo terpisah cukup jauh. Jika dibandingkan dengan Indonesia, jaraknya mirip seperti Jakarta dengan Surabaya. Shinkansen menjadi salah satu alternatif untuk menghemat waktu agar bisa menikmati kedua kota ini.

  • Cek jadwal kereta

Jepang adalah negara yang disiplin. Karena itu Anda perlu memperhatikan jadwal kereta untuk setiap rute yang ingin Anda naik dan pastikan Anda datang tepat waktu. Karena ketepatan waktunya, Anda bisa memastikan jadwal Anda tanpa takut khawatir ketinggalan kereta berikutnya! Namun perlu diperhatikan pada waktu tertentu seperti musim dingin ada kemungkinan kereta mengalami hambatan karena rel yang tertutup salju dan sebagainya.

Bila Anda menggunakan Google Maps, informasi rute perjalanan, jadwal ketibaan kereta serta jenis perushaan penyedia transportasi tertera pada setiap rute yang Anda cari. Bila Anda ragu dengan daftar yang Anda bikin sebelumnya, Anda bisa mengecek jadwal real time pada aplikasi ini. Selain Google Maps, ada juga aplikasi lainnya seperti Hyperdia dan lainnya.

Cara mengaktifkan JR Pass

Anda mungkin heran pada saat mendapatkan voucher yang Anda terima saat membeli JR Pass. Voucher ini hanyalah tanda bukti bahwa Anda sudah terdaftar untuk menggunakan JR Pass selama waktu yang ditentukan. Bila Anda sudah tiba di Jepang, Anda bisa mengaktifkan JR Pass di beberapa stasiun besar dan beberapa bandara internasional di Jepang.

Jenis Shinkansen yang tercover JR Pass

Seperti pada artikel sebelumnya, tidak semua shinkansen tercover oleh JR Pass ini.

Tokaido・Sanyo・Kyushu Shinkansen

Shinkansen ‘Sakura‘ Relasi Kagoshima – Osaka PP
Shinkansen ‘Tsubame‘ Relasi Kagoshima – Fukuoka PP
Shinkansen ‘Hikari‘ Relasi Fukuoka – Tokyo PP
Shinkansen ‘Kodama‘ relasi Fukuoka – Tokyo PP
Shinkansen Super Express ‘Nozomi‘ Relasi Tokyo – Fukuoka dan ‘Mizuho‘ relasi Osaka -kagoshima tidak dapat
dinaiki mengunakan JRPASS.

Tohoku・Yamagata・Akita・Hokkaido・Joetsu dan Hokuriku Shinkansen

Tohoku Shinkansen relasi Tokyo – Aomori PP
Yamagata ”Mini” Shinkansen relasi Fukushima – Yamagata PP
Akita ”Mini” Shinkansen relasi Iwate – Akita PP
Hokkaido Shinkansen relasi Tokyo – Hakodate (Hokkaido) PP
Joetsu Shinkansen relasi  Tokyo – Niigata PP
Hokuriku SHinkansen relasi Tokyo - Kanazawa PP

Cara menggunakan JR Pass untuk menaiki Shinkansen

  • Pesan tiket shinkansen melalui Midori no Madoguchi

Saat ingin naik kereta biasa, Anda cukup menunjukkan JR Pass Anda saat melewati pintu petugas untuk pengecekan tiket (bukan mesin pembaca otomatis). Namun untuk naik Shinkansen Anda harus memegang tiket khusus Shinkansen yang bisa Anda dapatkan di Midori no Madoguchi (Ticket Office)

Ketika Anda tiba di Midori no Madoguchi, antrilah dan tunggu sampai giliran Anda. Tunjukkan JR Pass Anda kepada petugas lalu lakukan reservasi untuk Shinkansen dengan jadwal yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Petugas juga akan membantu untuk mencari jadwal yang sesuai apabila Anda belum sempat mengecek jadwal. Anda kemudian akan diberikan tiket dengan tujuan yang tertera pada tiket Anda.

  • Jenis kelas yang bisa Anda naiki berdasarkan JR Pass yang Anda miliki

Pada beberapa jenis Shinkansen terdapat gerbong dengan reserved seat. Pengguna JR Pass Ordinary tetap bisa membooking Shinkansen dengan reserved seat selama bukan termasuk ke dalam Green Class. Terutama di saat musim libur di Jepang, sebaiknya Anda sudah membooking sejak awal Anda mengaktifkan JR Pass sehingga Anda bisa mengamankan kursi untuk perjalanan Anda.

Bagi pemegang JR Pass Green, Anda dapat memesan seat dalam gerbong Green Class sesuai dengan ketentuan pada tabel di bawah. Kelas dengan tanda adalah kelas yang tercover oleh JR Pass. Kelas bisa Anda dapat kan dengan membayar biaya tambahan di luar JR Pass.

 

    Similar airticle

    1. Unkai Terrace

      9 Tempat Wisata Terbaik di Hokkaido yang Perlu Anda Kunjungi

    2. Berani Menyebrangi Jembatan Yume no Tsuri?

    3. Stasiun Kereta Unik di Shizuoka Jepang

    4. 5 Tempat Romantis di Jepang

    5. Bertambahnya Wisatawan di Gifu Shirakawago

    6. Ramen di Osaka yang Wajib Anda Coba!

    1. Restoran Halal Murah Meriah di Tokyo

      2019.07.09

    2. 4 hal Seru dan Unik yang wajib dikunjungi saat Musim Dingin di …

      2019.06.29

    3. Destinasi Wisata Jepang yang Menarik di Bulan Juli

      2019.06.22

    4. Tips Menggunakan JR Pass untuk Naik Shinkansen di Jepang

      2019.06.15

    5. JR Pass bisa dipakai di mana saja? Ini dia jenis kendaraan yang…

      2019.06.10

    1. There is no registered post.
    Hubungi kami via WhatsApp