Yuk Temukan Spot-spot Instalasi Seni Polkadot Yayoi Kusama!

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki ketertarikan terhadap karya-karya seni modern? Senang mengunjungi tempat-tempat pameran instalasi seni yang menarik? Jika iya, kamu perlu mengenal seorang seniman kontemporer terkenal asal Jepang bernama Yayoi Kusama. Wanita yang lahir di Nagano, Jepang pada tahun 1929 ini telah melahirkan banyak karya seni yang menakjubkan. Salah satu jenis karya seni  yang menjadi sorotan dunia adalah instalasi bermotif polkadot yang dipamerkan ke publik. Beliau pun mendapat julukan “Sang Ratu Polkadot” oleh para penggemar karyanya karena keseriusannya membuat karya-karya bermotif polkadot yang tak tanggung-tanggung.

3514509430_0ae94286a6_b
35906376916_a0a54f7922_b

Bentuk dari media seni instalasi yang bermotifkan polkadot ada bermacam-macam. Salah satu bentuk yang menjadi ciri khas dari karya Yayoi Kusama adalah labu bermotif polkadot. Ada juga instalasi yang berbentuk sepatu raksasa, tembok, lantai, tanaman, bola-bola raksasa, batang pohon, meja, kursi, hingga bentuk-bentuk abstrak. Warna yang dipakai juga bermacam-macam. Ada yang hanya menggunakan 2 warna sebagai warna motif polkadot dan latar belakangnya, ada juga yang memakai banyak warna untuk polkadotnya. Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil hingga raksasa. Karya-karya seni beliau disajikan di ruangan pameran indoor maupun ruang terbuka. Selain indah dipandang mata, karya-karya instalasi Kusama bisa dijadikan background yang unik untuk berfoto.

Jika kamu sedang berlibur di Jepang dan ingin menikmati karya-karya instalasi polkadot Yayoi Kusama, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat berikut ini:

Towada Art Center

Merupakan gedung museum seni kontemporer yang berlokasi di Kota Towada, Prefektur Aomori. Museum ini menyimpan 38 koleksi permanen karya seniman-seniman hebat, termasuk Yayoi Kusama. Ada 8 patung Kusama berjudul “Love Forever, Singing in Towada” ditampilkan di ruangan terbuka mereka. Museum ini buka pada jam 9 pagi hingga 5 sore, dan tutup pada hari Senin. Tiket masuknya seharga 500 Yen untuk pameran permanen, dan 1000 Yen untuk pameran permanen+khusus.

Museum Seni Kota Matsumoto

Merupakan museum yang terletak di Kota Matsumoto, Nagano, yang merupakan kota kelahiran Kusama. Terdapat patung polkadot karya Kusama yang berjudul “Bunga yang Mekar di Tengah Malam” di pintu masuk museum. Sedangkan karya-karya lainnya terdapat di dalam pameran. Buka dari jam 9 sampai jam 5, dan libur di Hari Senin dengan tiket masuk seharga 410 Yen.

Pulau Naoshima

Pulau Naoshima adalah sebuah pulau di laut pedalaman Seto, Prefektur Kagawa. Simbol dari pulau itu adalah patung labu bermotif polkadot karya Kusama yang diletakkan di pinggir pantai. Ada juga beberapa museum dan pameran seni milik Kusama di luar pulau itu.

Museum Terbuka Kirishima

5930638645_ec43a15609_b
download

Museum ini terletak di Kota Yusui, Prefektur Kagoshima. Ruang terbukanya seluas 20 hektar. Banyak sekali karya seni yang ditampilkan, termasuk karya Kusama yang berjudul “Flowers of Shangri-la” dan “High Heel”. Museum ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore, dan tutup di Hari Senin. Untuk pameran permanen, tiketnya seharga 310 Yen. Sedangkan pameran permanen+khusus, tiketnya seharga 1.040 Yen.

Karya-karya Kusama juga dipamerkan di beberapa beberapa kota di negara lain, seperti New York, Canberra, Humlebæk Denmark, Nancy Perancis, Los Angeles, Pittsburgh, Phoenix Arizona, Toronto, dan banyak lagi. Instalasi seni milik Kusama juga pernah diadakan di Indonesia, loh! Tepatnya di Museum MACAN di Jakarta pada 12 Mei hingga 9 September 2018 lalu. Pameran tersebut bertajuk “Yayoi Kusama: Life Is The Heart Of A Rainbow”. Lalu mulai tanggal 26 Maret 2019, karya Kusama yang diberi nama “Infinity Mirrored Room – Brilliance of the Souls” resmi dibuka secara permanen di Museum MACAN. Wah, kabar bagus, bukan? Jadi, tempat pameran mana yang akan kamu kunjungi?

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Rekomendasi Tempat Wisata di Toyama

  2. Wisata Musim Dingin di Hokkaido yang wajib masuk Itinerary

  3. Shiga Kogen

    Butuh Liburan Ke Jepang? Kunjungi 7 Tempat Wisata Musim Dingin di Jepang Ini

  4. Berburu Bunga yang Mekar pada Bulan April di Jepang

  5. Pesona Festival Sakura Bulan Februari di Kawazu

  6. Keindahan Sakura Bulan Februari di Kawazu

Hubungi kami via WhatsApp