Yuk Ketahui Wilayah Chugoku di Jepang!

Tahukah kamu dengan sebutan wilayah “Chugoku” di Jepang? Chugoku adalah sebuah wilayah yang terletak di sebelah barat Pulau Honshu. Wilayah ini mencakup 5 Prefektur, yaitu Prefektur Hiroshima, Okayama, Shimane, Tottori, and Yamaguchi. Wilayah ini menghadap ke Laut Jepang di bagian utara dan Laut Dalam Seto di bagian selatan. Chugoku terbagi menjadi 2 wilayah yaitu San’yo (area selatan) dan San’in (area utara). Area San’yo dikenal dengan cuaca nya yang selalu cerah dan jarang turun hujan. Sedangkan area San’in dikenal dengan salju nya yang tebal saat musim dingin.

Sejauh ini, Chugoku masih jarang dikunjungi oleh para turis, padahal wilayah Chugoku memiliki pemandangan yang sangat cantik dan tempat-tempat yang bersejarah. Untuk berkunjung ke Chugoku, kamu bisa berkunjung di segala musim karena ada daerah yang bagus dikunjungi saat musim dingin dan musim panas, dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Nah agar kamu tidak kebingungan memilih destinasi wisata saat berkunjung ke wilayah Chugoku, berikut akan kami rekomendasikan destinasi di setiap prefekturnya :

Prefektur Hiroshima :

Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar tentang “hiroshima”? Yaps, sudah pasti ledakan bom yang dahsyat. Namun, sebenarnya Hiroshima adalah daerah yang tenang dan sejuk. Hiroshima memiliki daya tarik yaitu sebuah pegunungan yang indah, air yang jernih, serta Laut Pedalaman Seto. Di Hiroshima ada sebuah kuil yang tidak biasa loh, yaitu Kuil Itsukushima. Kuil Itsukushima adalah kuil yang mengapung dan terletak di Miyajima.

Karena Hiroshima adalah daerah bekas ledakan bom terdahsyat, ada sebuah monumen yang bernama “Genbaku Dome”. Monumen Genbaku Dome adalah sebuah bukti bahwa telah terjadi ledakan bom pada Perang Dunia II , dan jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang ledakan bom Hiroshima bisa mengunjungi Monumen Peringatan Perdamaian Hiroshima yang terletak di dekat Genbaku Dome. 

Prefektur Tottori :

Tottori adalah sebuah prefektur yang terletak di pesisir Laut Jepang. Prefektur Tottori menyuguhkan pemandangan laut yang luar biasa indahnya, namun sayangnya prefektur ini masih jarang dikunjungi oleh turis. Karena kondisi geografis nya yang terletak di pesisir laut, Tottori memiliki sebuah gumuk pasir yang terletak tepat di pinggiran laut sehingga membuat wisatawan bisa menikmati indahnya laut di musim panas dari gumuk pasir. Tak hanya bisa menikmati eksotisnya laut saja, pengunjung juga bisa menikmati sensasi menunggangi unta di gumuk pasir dan juga sandboarding.

Tetapi jika kamu berkunjung ke Prefektur Tottori saat musim dingin, kamu bisa menikmati salju di Gunung Daisen, gunung ini merupakan gunung tertinggi di wilayah Chugoku. Saat kamu tiba di bawah puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah gundukan-gundukan salju. Tak hanya indah dinikmati saat musim dingin saja, Gunung Daisen juga bisa dinikmati saat musim gugur karena akan ada banyak guguran-guguran daun yang membuatnya semakin indah dan instagramable.

Prefektur Okayama :

Prefektur Okayama memiliki banyak sekali taman-taman yang mempesona dan kuil-kuil yang menawan. Prefektur ini dikenal sebagai negeri sinar matahari dan surganya momotaro (buah persik). Saat mengunjungi Okayama, kamu bisa datang ke tempat bersejarah yaitu “Kurashiki Bikan-Chiku” yang  berisi deretan-deretan rumah sejak 300 tahun yang lalu. Ada juga daerah yang pemandangan sangat indah yaitu Tsuyama dan Mimasaka. 2 kota ini dikenal kental dengan sejarah, budaya, dan legenda nya yang sangat kental. 

Prefektur Shimane :

cc071bd8-6d4c-4ff1-b081-ea724ac580ba_169
731–286076c34fd830933139e9d481f8a0b3
413f68b9c3eb93f66a608a3c9be60f1e03618314

Prefektur ini membentang di sepanjang pantai utara wilayah Chugoku dan dibatasi oleh wilayah pegunungan. Tempat wisata yang sangat populer di Shimane adalah Kuil Izumo Taisha. Kuil Izumo Taisha adalah kuil yang sudah ada sejak zaman kuno dan dipercayai sebagai tempat berkumpulnya para dewa. Bangunan kuil utamanya, atau Honden nya berukuran sangat besar dan merupakan yang terbesar di Jepang. Kuil ini bisa dipercaya sebagai tempat yang tepat untuk berdoa jika ingin hubungan percintaan, pertemanan dan pekerjaan berjalan dengan  baik. 

Prefektur Yamaguchi :

2ef82f9cba42a122b4f671537620c7a8
0257fd45-a701-4b35-90c9-3ca6a1031f5e_169

Prefektur ini letaknya sangat terpencil namun memiliki situs yang penting dalam sejarah. Di Yamaguchi terdapat kuil yang sangat unik dengan torii (gerbang) yang berjajar sangat banyak di Kuil Shinto Motonosumi Inari. Kuil Motonosumi Inari ini terletak di pinggiran bukit dan laut, dan sangat indah untuk dikunjungi. 

Nah untuk akses menuju Chugoku kamu bisa menggunakan JR, bus, dan mobil pribadi. Saat kamu berkunjung ke Jepang jangan lupa untuk mengunjungi wilayah Chugoku ya!

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. 5 Tempat Romantis di Jepang

  2. 5 Toko Ramen di Tokyo yang Wajib Anda Coba

  3. Jalan-jalan Gaul di Kawasan Omotesando

  4. Winter illumination, Wisata Malam Musim Dingin Jepang yang Tak boleh Dilewatkan

  5. Kamakura, Kota Pantai nan Klasik

  6. Rekomendasi Tempat Wisata di Hokkaido Jepang

Hubungi kami via WhatsApp