Unik Banget! Makanan dan Minuman Jepang Bertema Sakura

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar “sakura” ? Ya! Sakura adalah bunga asli Jepang yang sangat populer di seluruh dunia. Sakura hanya berbunga dan mekar di waktu tertentu saja, yaitu saat musim semi. Bukan Jepang namanya kalau tidak menciptakan suatu hal yang unik dan berbeda dengan negara lainnya. Dalam rangka menyambut musim semi, Jepang membuat berbagai makanan yang bahan utamanya berasal dari bunga sakura, loh! Nah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa makanan dan minuman yang bahan utamanya dari bunga sakura. Yuk lihat!

Sakura Mochi

unnamed (1)
unnamed

Makanan ini termasuk salah satu jenis wagashi (kue jepang), biasanya mochi ini berwarna pink dan bagian luarnya dilapisi dengan rebusan daun sakura. Isi dari sakura mochi kurang lebih sama dengan mochi yang lain, yaitu pasta dari kacang merah, varian rasanya pun bermacam-macam. Ide awal pembuatan mochi ini muncul di abad ke-18, saat itu Keshogunan Tokugawa Yoshimune memerintahkan rakyat untuk menanam pohon sakura namun, ada penjaga kuil yang merasa tidak suka harus membersihkan guguran daun sakura, kemudian dia menemukan ide untuk merebus daun sakura tersebut sebagai pembungkus mochi. Sampai sekarang, sakura mochi seringkali menjadi menu sajian dalam acara “Hina Matsuri” setiap tanggal 3 Maret. Tak perlu khawatir, bagi para wisatawan yang datang ke Jepang saat musim semi bisa dengan mudah menemukan sakura mochi ini di toko kue atau supermarket terdekat.

Teh Sakura

Ternyata jenis teh di Jepang bukan hanya Matcha (Teh Hijau) saja loh, tapi ada juga teh yang berasal dari bunga sakura yang bernama “Sakurayu”. Teh sakura sendiri berasal dari kelopak bunga sakura yang direndam di cangkir dengan air hangat dan diberi sedikit garam. Rasa tehnya sedikit asin. Sebenarnya, teh ini tidak mengandung unsur “teh” sama sekali, tetapi karena cara penyajiannya mirip dengan teh, maka disebut dengan teh sakura. Biasanya teh ini disajikan saat sedang ada Omiai (perjodohan di jepang) dan saat upacara pernikahan karena teh ini memiliki makna sebagai “lembaran baru yang suci”.

Pocky Rasa Sakura

unnamed (3)
unnamed (4)
b27064ebdc2a1149e67cb8ccb620e8a0

Jepang selalu saja menciptakan cita rasa yang unik, tak ingin kalah dengan yang lainnya dalam menyambut musim semi. Sebuah perusahaan makanan “Glico”, mengeluarkan rasa untuk produk baru nya yaitu “Pocky Rasa Sakura”. Uniknya pocky rasa sakura ini yaitu dari ukuran stick nya berukuran lebih besar dibanding pocky yang lain. Dari segi rasa, pocky ini tentunya manis dan memberikan sedikit sensasi yang berbeda yaitu asin dan gurih. Di jepang harga snack ini yaitu 338 Yen, dan berisi 4 kantong yang masing-masing isinya 6 Stick.

Selai Sakura

unnamed (5)
unnamed (6)

Jika biasanya selai yang kita jumpai rasanya coklat, stroberi, nanas, dan buah buahan lainnya, di Jepang ada sebuah selai sakura. Selai ini terbuat dari sari bunga sakura asli, rasanya sendiri manis dan sedikit mirip dengan buah ceri, dan juga memiliki bau harum yang khas seperti bunga sakura. Seperti selai pada lainnya, selai ini bisa dipakai untuk makan roti, tambahan topping es krim, dan sebagainya. Selain itu, ternyata selai ini juga bermanfaat loh untuk kecantikan kulit kita. Hal itu membuat selai sakura sangat diburu untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika pergi ke Jepang saat musim semi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh unik bertema sakura ini ya! Untuk akomodasi kamu selama di Jepang, kamu bisa mempercayakan pada kami: Japanect Travel!

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Yuk Cobain Varian Es Krim Unik di Jepang

  2. Rekomendasi Gyudon Lezat daerah Tokyo

  3. Restoran Kepiting Kani Honke di Jepang

  4. Rekomendasi Restoran Bersertifikat Halal di Jepang

  5. Asmarasa Gotemba, Restoran Halal Indonesia di Dekat Gunung Fuji

  6. 5 Toko Ramen di Tokyo yang Wajib Anda Coba

Hubungi kami via WhatsApp