Merasakan Kembali Zaman Samurai Jepang di Kota Tua Takayama

Ternyata bukan hanya Indonesia saja loh yang memiliki “Kota Tua”, di Jepang juga memiliki Kota Tua Takayama. Kota Takayama terletak di Prefektur Gifu, Jepang. Kota ini merupakan penggabungan antara Kota Takayama dengan Onada yang terbentuk pada tanggal 1 November 1936 dan lebih dikenal dengan nama Hida Takayama karena berada di Provinsi Hida.

Kota Takayama dijuluki sebagai “Kota Tua” karena memiliki suasana alam damai yang tenang dan juga masih banyak bangunan-bangunan yang menggunakan desain arsitektur rumah tradisional ala Jepang pada Zaman Edo terutama di jalanan Sannomachi. Ternyata kondisi geografis kota ini sesuai dengan arti nama “Takayama”, yaitu “gunung yang tinggi”. Kota ini terletak di sebuah pegunungan yang terpencil sehingga keadaan ini bisa membantu mempertahankan pesona dan suasana tradisionalnya. 

takayama_full_top
takayama

Di Kota Takayama juga ada banyak sekali destinasi wisata yang bersejarah. Salah satunya ialah Hida Takayama Town Museum. Di dalam museum ini kita bisa mengetahui semua sejarah yang ada di Kota Takayama secara gratis dan disuguhkan dengan barang-barang antik dan bersejarah di Jepang. Sangat sayang untuk dilewatkan dan menarik sekali, bukan?

museum
1637–901ef148690a4f98744091b83d9c50f7

Jika ingin merasakan kehidupan seperti di Zaman Edo dan Samurai di Kota Takayama, ada sebuah penginapan bernama “Samurai House Minoriya”. Di mana pengunjung dapat merasakan sensasi tidur menggunakan futon (kasur tipis ala Jepang) dan duduk di Tatami (lantai dari anyaman jerami) serta memasak dengan cara tradisional Jepang pada Zaman Edo. 

samurai era house minoriya
dapur samurai
samurai house
futon

Hal lain yang bisa membuat pengunjung merasakan kehidupan di Zaman Edo yaitu ketika sedang berada di jalanan Sannomachi, di jalanan ini ada sebuah Jinrikisha atau becak yang ditarik dengan tenaga manusia dan juga seluruh bangunan di sepanjang jalan ini menggunakan desain arsitektur Zaman Edo. Kita dapat menggunakan Jinrikisha untuk berkeliling di jalanan Sannomachi selama kurang lebih 30-45 menit dan harus membayar jasa nya yang sedikit mahal yaitu sekitar 5000 Yen atau sekitar Rp577,000. Jika ingin bersantai serta menikmati indahnya bangunan kuno di Takayama, bisa bersinggah sebentar di toko-toko makanan atau kedai yang ada di sepanjang Jalan Sannomachi. Biasanya toko-toko mulai buka jam 9 pagi sampai jam 5 sore waktu setempat.

img_1825trima
unnamed
akibanation-jinrikisha-865×577

Tak hanya wisata bersejarah dan budaya saja, siapa sangka bahwa di Takayama terdapat suatu tempat yang ada dalam sebuah adegan pada anime “Kimi no Nawa” atau “Your name”. Tempat ini bernama Kuil Hida-sannogu Hie, namun di dalam anime, tempat ini Kuil Miyamizu. Kuil ini ada pada adegan saat Mitsuha sedang menari tradisional Jepang dan membuat sake suci dengan adiknya. Selain Kuil Hida-sannogu Hie, ada tempat lain yang menjadi latar belakang dalam anime yaitu Stasiun Hida-Furukawa. Stasiun ini ada pada adegan saat Taki, melakukan perjalanan untuk mencari alamat asal Mitsuha.

8-9b809ba0725a0b5d54592616549e365e
stasiun

Di Jepang juga sangat terkenal dengan banyaknya festival, salah satu yang ada di Kota Takayama yaitu Festival Takayama. Festival Takayama sebenarnya diadakan pada 2 musim, yaitu musim semi dan musim gugur. Festival Takayama saat musim semi disebut dengan Sanno Matsuri atau Festival Sanno, biasanya diadakan pada tanggal 14-15 April. Dalam festival tersebut diadakan sebuah pertunjukan boneka karakuri (boneka mekanik khas Jepang) serta arak-arakan yatai (gerobak). Festival ini merupakan salah satu festival terindah di Jepang dan mampu membuat siapapun yang menyaksikan merasa kembali pada Zaman Edo.

karakuri
takayama yatai

Berjalan-jalan ke Jepang tentu nya tidak lengkap jika tidak berbelanja oleh-oleh atau souvenir. Takayama memiliki sebuah oleh-oleh khas yaitu souvenir yang sangat terkenal yaitu boneka “Sarubobo” atau boneka yang menggambarkan seekor bayi monyet. Menurut kepercayaan penduduk Takayama, benda ini dapat menangkal semua nasib buruk dan mendatangkan nasib baik serta kemakmuran.

Sarubobo dolls on a rack at Hikakokubun-ji Buddhist Temple.
sarubobo

Ingin merasakan sensasi kehidupan di Zaman Edo atau Samurai di Kota Takayama? Kami bisa bantu arrange private tour anda bersama keluarga dan kerabat ke Takayama maupun tempat-tempat lainnya, seperti Shirakawago dan Kanazawa! Hubungi kami untuk info lebih lanjut ya! Contact Us

 

Similar airticle

  1. Pergi ke Osaka dari Tokyo atau sebaliknya, Bagaimana Caranya?

  2. Kawazu Sakura, Sakura yang Mekar di Bulan Februari

  3. Hanami Romantis di Chidorigafuchi

  4. Jalan-jalan Gaul di Kawasan Omotesando

  5. Ayo bertemu dengan Pikachu dan kawan-kawan di Pokemon Center!

  6. Rekomendasi liburan di Hokkaido bulan Desember

Hubungi kami via WhatsApp