Menyaksikan Turnamen Sumo di Ryogoku Kokugikan

Kita pastinya sudah tidak asing dengan olahraga bela diri tradisional Jepang yang bernama Sumo. Ya, olahraga yang melibatkan dua pria besar bergulat itu ada sejak abad ke-8 Masehi, loh! Sekarang pun masih ada dan terus dimainkan serta masih menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang saat musim turnamennya. Di Tokyo, ada tempat terkenal yang bisa kamu datangi untuk menyaksikan turnamen Sumo bernama Stadion Ryogoku Kokugikan.

Ryogoku adalah suatu distrik di Sumida, Tokyo yang mana terdapat banyak kandang atau tempat tinggal para Sumo, tempat berlatih Sumo, dan tempat untuk turnamen Sumo. Tak heran jika wisatawan yang ingin melihat Sumo di Tokyo, kebanyakan mendatangi tempat ini. Tempat turnamennya sendiri, Stadion Ryogoku Kokugikan atau Ryogoku Sumo Hall, merupakan gedung pertunjukan musik dan olahraga di Ryogoku yang dibuka sejak tahun 1985. Ryogoku Kokugikan dijadikan sebagai gedung pertunjukan Sumo keempat di Ryogoku. Gedung ini berdekatan dengan Tokyo Skytree, loh!

sumo_03
sumo lemu banget

Ryogoku Kokugikan buka dari jam 10.00 sampai jam 14.50. Di dalam gedung Ryogoku Kokugikan terdapat dua jenis tempat duduk penonton. Di bagian yang dekat dengan panggung, tempat duduknya berupa lesehan dengan bantal-bantal duduk yang masing-masing memuat hingga 4 orang. Bagian itu tentu asyik digunakan saat kamu datang bersama rombongan. Jenis tempat duduk satunya yaitu kursi individu. Gedung ini menampung penonton sebanyak 11.000 orang, dan ramai dikunjungi di bulan-bulan yang merupakan musim turnamen Sumo, seperti Januari, Mei, dan September.

SANYO DIGITAL CAMERA
Sumo competition at the Kokugikan stadium in Tokyo, Japan, Asia
sumo-jepang

Seat penonton di dalam venue berjajar membentuk kotak mengelilingi arena pertandingan. Arena bertanding Sumo berada di tengah-tengah venue dengan alas yang berupa campuran tanah dan pasir, dilengkapi dengan atap di bagian atasnya. Penonton dibuat berteriak dan bersorak ramai selama pertandingan berlangsung, saat Sumo membantingkan badan lawan satu sama lain dengan sekuat tenaga.

Ingin tahu jadwal turnamen Sumo di Ryogoku Kokugikan tahun ini? Lihat tabel berikut, ya!

Bulan
Tanggal Awal Turnamen – Akhir Turnamen
Tanggal Mulai Penjualan Tiket
Januari
12-26 Januari 2020
7 Desember 2019
Mei
10-24 Mei 2020
4 April 2020
September
13-27 September 2020
1 Agustus 2020

Harga tiket bervariasi tergantung bagian seat yang akan kamu pilih. Untuk melihat harga dan memesan tiket, kamu bisa mengases website http://sumo.pia.jp/en/. Penjualan tiket akan dibuka sesuai dengan jadwal yang ada di tabel, jadi di hari-hari sebelum tanggal penjualan tiket kita belum bisa mengecek tiketnya. Tiket dibandrol mulai dari harga 2,100 yen hingga 14,800 yen. 

Akses dari pusat Kota Tokyo ke Ryogoku Kokugikan bisa ditempuh dengan menggunakan mobil selama 13 menit. Bisa juga menggunakan kereta JR Yamanote Line dari Stasiun Tokyo turun di Stasiun Akihabara, lalu berganti kereta JR Sobu Line menuju Stasiun Ryougoku dan berjalan sampai venue. Itu akan memakan waktu selama kurang lebih 8-10 menit.

Bagaimana, apa kamu tertarik? Selain di bulan Januari, Mei, dan September di Ryogoku November di kota lain selain Tokyo lho! Untuk lebih jelasnya, langsung saja cek di web nya http://www.sumo.or.jp/. Webnya sudah sangat foreigner-friendly dengan penjelasan berbahasa Inggris, lengkap dengan tata cara pembelian tiket.

Untuk solusi perjalanan kamu selama di Jepang, hubungi kami Japanect Travel. Kami bisa bantu arrange tour (hotel, transportasi, guide, tiket theme park) kamu dan keluarga serta kerabatmu. 

Source : http://www.sumo.or.jp/

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Mother Farm di Chiba: Pilihan Wisata Alam di Jepang Bersama Keluarga

  2. 5 Tempat Wisata Terbaik di Tochigi, Jepang

  3. Kebun Binatang Tobu di Balik Kisah Grape-kun

  4. Wisata Sains di Kota Tsukuba Ibaraki

  5. Rute Tateyama Kurobe Alpine di Jepang

  6. Pertama di Dunia: Starbucks Bernuansa Jepang

Hubungi kami via WhatsApp