Menjelajah Pasar Ikan Jepang di Tsukiji Fish Market

Tsukiji Fish Market atau Pasar Tsukiji adalah salah satu tempat populer di Jepang, tempat ini merupakan tempat untuk jual beli hasil laut terbesar di Jepang dan di dunia loh! Bahkan, Pasar Tsukiji disebut juga dengan nama “Dapurnya Jepang”. Tsukiji Fish Market resmi beroperasi pada tanggal 2 Februari 1935. Sebenarnya, Pasar Tsukiji tidak hanya menjual hasil olahan laut saja, ada sekitar 450 jenis barang dan juga menampung kurang lebih 2000 ton hasil laut dan 1000 ton buah-buahan dan sayuran. 

Pasar Tsukiji dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian dalam (jonai shijo) dan  bagian luar pasar (jogai shijo). Biasanya, bagian dalam hanya digunakan untuk berbelanja bahan-bahan untuk restoran atau pelelangan ikan. Sedangkan, bagian luar digunakan oleh para turis atau pengunjung yang ingin berbelanja ataupun menikmati jajanan di Pasar Tsukiji. 

Tapi, kalian tau gak sih kalau Tsukiji Fish Market itu sekarang sudah pindah? Bagian dalam Pasar Tsukiji ini sudah pindah ke Toyosu sejak awal Oktober 2018. Hal itu dikarenakan usia pasar yang sudah berusia 400 tahun dan juga fasilitas-fasilitas yang sudah mulai rapuh, sehingga sudah tidak memadai lagi. Lokasi pindahnya yaitu berjarak sekitar 2 KM dari Pasar Tsukiji yang lama. 

Di dalam Pasar Tsukiji yang baru ini ada 3 buah gedung, 1 gedung untuk tempat penjualan buah dan sayur sedangkan 2 gedung lainnya untuk penjualan hasil-hasil laut. Pasar Tsukiji yang baru ini berbeda dengan yang lama loh! Di tempat yang baru ini, pengunjung bisa melihat suasana tempat pelelangan ikan tanpa harus masuk ke area nya, atau jika di tempat yang lama disebut dengan jonai shijo. 

Untuk bisa pergi ke Pasar Tsukiji, tentunya kamu harus paham dong bagaimana akses menuju kesana, bagaimana sih aksesnya?

Pasar Tsukiji berada di dekat Stasiun Tsukiji Shijo dan berada di Jalur Oedo atau Stasiun Tsukiji dan berada di Jalur Hibiya. Stasiun JR yang dekat dari Pasar Tsukiji adalah Stasiun Shimbashi. Pasar Tsukiji dapat ditempuh selama 20 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun JR Shimbashi. 

  • Akses dari Stasiun Tokyo : Naik Kereta melalui Marunouchi Line dari Tokyo ke Ginza selama 3 menit, lalu pindah kereta Hibiya Line untuk sampai ke Stasiun Tsukiji membutuhkan waktu selama 3 menit. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih 170 yen.
  • Akses dari Stasiun Shinjuku : Naik kereta melalui Oedo Line langsung dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Tsukiji. Dengan satu kali naik kereta saja, kamu sudah bisa sampai ke Stasiun Tsukiji.  Perjalanannya memakan waktu 20 menit dan biayanya 280 yen.

Sesampai di Pasar Tsukiji, kamu bisa berbelanja aneka macam hasil laut dan bisa berkuliner di beberapa restoran yang ada di area ini. Jam buka Pasar Tsukiji ini dimulai pada jam 5 pagi hingga sore hari, dan memiliki hari libur di hari Minggu dan hari libur nasional Jepang serta ada beberapa toko yang tutup di hari Rabu. 

Toyosu-Market-Lottery-Featured
sushiiii

Biasanya saat pagi hari, segala kegiatan tentang pelelangan ikan dimulai. Pelelangan dilakukan setiap harinya dalam 2 sesi, dimulai pada pukul 6 pagi dan setiap sesinya sekitar 15 menit. Setelah menyaksikan proses pelelangan ikan dan berbelanja, kamu bisa menikmati aneka masakan olahan hasil laut ataupun seafood dan bisa belajar bagaimana mengolah hasil belanja mu loh, nah berikut adalah tempat-tempat yang wajib banget kamu explore saat berada di Pasar Tsukiji :

Sushi Zanmai

Dikenal dengan hasil olahan tuna nya yang enak, restoran sushi ini telah memiliki 10 cabang di area Pasar Tsukiji. Jangan khawatir, di restoran sushi ini juga tersedia menu dalam bahasa inggris untuk para turis yang tidak bisa bahasa jepang.

Tsukiji Sushi Ichiban

Restoran ini hanya berjarak sekitar 5 menit dari Pasar Tsukiji. Yang unik dari restoran ini yaitu kamu bisa menyaksikan secara langsung proses pemotongan tuna segar dan besar yang akan diolah.

Mencoba olahan telur unik Jepang, Tamagoyaki di Yamacho

Berbeda dengan makanan-makanan yang ada dijual di area Pasar Tsukiji, Kedai Yamacho menyajikan sebuah Tamagoyaki atau omelet gulung ala Jepang yang dijual seharga 100 yen. Untuk sampai ke kedai ini memerlukan 3 menit jalan kaki dari pintu keluar A1 Stasiun Tsukijishijo.

Belajar mengolah makanan hasil belanja bersama Tsukiji Cooking Class

Ternyata, selain tempat untuk jual beli hasil laut, Pasar Tsukiji juga sering mengadakan sebuah workshop loh! Salah satunya yaitu “Cooking Class”. Di cooking class ini, kamu bisa mempelajari cara memasak makanan khas Jepang dengan menggunakan bahan-bahan yang dibeli dari Pasar Tsukiji. Cooking class ini diselenggarakan di Lantai 6 gedung Pasar Tsukiji dan sangat populer di kalangan turis asing, bahkan untuk bisa bergabung dengan cooking class ini kamu perlu reservasi terlebih dahulu di situs resmi http://tsukiji-cooking.com/. Yuk buruan reservasi sebelum penuh!

Wow, seru banget kan jalan-jalan di Tsukiji Fish Market? Agar kamu bisa enjoy saat berjalan-jalan, tentunya kamu harus mengajak seseorang yang bisa berbahasa jepang untuk membantu berkomunikasi karena mayoritas kegiatan di sana menggunakan bahasa jepang. Eits, jangan khawatir! Japanect bisa membantumu saat jalan-jalan di Tsukiji Fish Market, mulai dari private car, hotel hingga tour guide!

Source : https://www.tsukiji.or.jp/

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Menyambut Awal Tahun di Jepang dengan Rangkaian Festival

  2. 4 hal Seru dan Unik yang wajib dikunjungi saat Musim Dingin di Jepang

  3. Shibazakura, hamparan bunga pink bak Negri Dongeng

  4. 5 Hal yang Harus Dilakukan di Shizuoka

  5. Berlayar di Atas Indahnya Sungai Sumida di Tokyo

  6. 5 Wisata Jepang Yang Wajib Dikunjungi di Hiroshima

Hubungi kami via WhatsApp