Mengunjungi Pulau-pulau Hewan di Jepang

Pernahkah kamu membayangkan berada di sebuah pulau yang populasi terbesarnya bukan manusia, namun hewan? Apalagi jika hewan yang memenuhi pulau itu adalah hewan yang akrab dengan manusia, dan kamu bisa bermain dengan mereka. Beberapa pulau di Jepang ini dihuni oleh hewan-hewan lucu seperti kucing dan kelinci, yang bisa kamu kunjungi untuk berinteraksi dengan mereka. Yaitu:

Pulau Kucing

Kucing merupakan hewan yang identik dengan keberuntungan bagi orang jepang, Tak jarang di Jepang banyak ditemukan kucing dalam bentuk makhluk hidup maupun patung. Ada beberapa pulau yang dipenuhi populasi kucing, seperti:

Pulau Aoshima, Ehime

Pulau Aoshima adalah pulau kecil yang indah yang terletak di lepas pantai selatan Kota Miyazaki, Prefektur Ehime. Populasi kucing di Pulau Aoshima jauh lebih banyak daripada manusia, perbandingannya yaitu 8:1. Banyak sekali, ya! Awalnya, kucing-kucing di pulau ini digunakan oleh penduduk pulau yang mayoritas nelayan untuk mencegah meningkatnya hama tikus. Kini populasi kucing menjadi semakin meningkat dan menjadi daya tarik wisatawan.

Walaupun kucing-kucing di pulau ini liar, berkat kedatangan pengunjung kucing-kucing menjadi bersahabat dan tidak kekurangan makanan. Pulau ini sederhana dan penghuninya rata-rata orang tua. Jadi kita harus menghormati penduduk lokal di pulau ini.

Pulau Ogijima, Kagawa

Pulau ini terletak di Takagawa, Prefektur Kagawa. Penduduknya terdiri dari 200an manusia, dan sisanya kucing-kucing yang sangat banyak. Kucing-kucing di pulau ini dapat dengan mudah kita temui, seperti di bersembunyi lorong-lorong, tidur di semak-semak, atau berjemur di tempat terbuka. Tenang saja, kucing-kucing di sini dirawat oleh penduduk setempat dengan penuh kasih sayang. Mereka diberi makan dengan baik dan memiliki bulu yang lembut nan sehat. Namun, jangan sembarangan menyodorkan makanan ke kucing-kucing di sini, ya!

Selain bermain dengan kucing, di Pulau Ogijima terdapat gedung pameran seni yang bisa kamu masuki. Gedung itu menampilkan event seni instalasi modern berjudul Setouchi Art Triennale. Ada juga lukisan-lukisan yang menggambarkan daerah setempat. Pulau ini memang dirancang untuk wisatawan, jadi berbagai fasilitas seperti restoran, cafe, dan penyewaan sepeda bisa kamu coba.

Pulau Ainoshima, Fukuoka

Pulau Ainoshima terletak di Laut Genkai, Prefektur Fukuoka. Di pulau ini kamu bisa menemukan ratusan kucing yang tersebar di setiap sudut tempat. Pengunjung yang datang ke pulau ini bisa bermain dan berfoto bersama kucing, namun tidak diperbolehkan memberinya makan karena sudah ada relawan khusus untuk merawat kucing-kucing di pulau ini.

Pulau ini memiliki pelabuhan dan pantai yang cantik. Terdapat juga area tumpukan batu unik di tepi pantai, yang diberi nama Ainoshima Stone Tumuli. Kuil-kuil kecil juga terdapat di pulau ini.

Pulau Kelinci

okuno1
jw-5d147cd0ad0915.77383592

Di Jepang, terdapat sebuah pulau yang dipenuhi populasi kelinci, yaitu Pulau Okunoshima yang terletak di Kota Takehara, Prefektur Hiroshima. Kelinci di pulau ini jumlahnya mencapai lebih dari 1000 ekor, loh! Saking banyaknya jumlah kelinci di sini, pulau ini dijuluki sebagai “Rabbit Island”. Kondisi pulau ini masih tergolong alami, jadi baik untuk ditempati satwa-satwa. Kelinci-kelinci di sini sangat ramah, mereka tersebar di hutan, ladang persawahan, juga senang melompat-lompat menghampiri pengunjung untuk meminta makanan.

Saat berada di pulau kelinci ini, kamu tidak boleh sembarangan memperlakukan kelinci. Ada beberapa peraturan di pulau ini yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Jangan menggendong kelinci di lengan. Kelinci tidak suka dipegang dan mereka akan menggerakkan tubuhnya untuk berusaha lepas. Itu juga akan beresiko terhadap kesehatan kelinci.
  2. Jangan memberi makan kelinci di jalanan. Saat makan, kelinci akan terdiam dan fokus melahap makanannya tanpa memperhatikan benda sekitar, termasuk jika ada kendaraan mendekatinya. Itu akan berbahaya bagi mereka.
  3. Jangan meninggalkan sisa makanan kelinci. Kelinci tidak menyukai pelet basah dan sayuran sisa. Itu malah akan mengundang burung gagak dan mengganggu kelinci. 
  4. Jangan memberi makan kelinci dengan makanan manusia. Kelinci juga tidak bisa mencerna kentang.
  5. Jangan mengendarai sepeda asal-asalan.
  6. Jangan membawa pulang kelinci.
  7. Jangan menggabungkan kelinci peliharaanmu dengan kelinci-kelinci di pulau ini.
  8. Selalu periksa bawah mobilmu. Kelinci seringkali bersembunyi di sana.
  9. Harap selalu mengisi tempat air bagi kelinci.
  10. Selalu sebarkan info tentang pulau ini.

Pecinta kucing dan kelinci, sudah tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat di atas? Jika ke sana, jangan lupa perhatikan keselamatanmu dan keselamatan hewan yang kamu ajak main, ya!

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Tempat-tempat Horror dan Mencekam di Jepang

  2. Menikmati “Romantis”-nya Kyoto dengan Sagano Romantic Train

  3. Merasakan Kembali Zaman Samurai Jepang di Kota Tua Takayama

  4. Pergi ke Osaka dari Tokyo atau sebaliknya, Bagaimana Caranya?

  5. Spot Hiking Spektakuler di Jepang

  6. Ingin Masuk ke Dunia Film Animasi Jepang Favoritmu? Coba Kunjungi 4 Tempat Ini!

Hubungi kami via WhatsApp