Gemerlap Langit Malam dalam Festival Hanabi di Jepang

Di Jepang, kembang api sudah menjadi suatu budaya tersendiri bahkan menjadi hiburan masyarakat, mereka menyebutnya “Hanabi”. Pesta Hanabi ini tentunya sudah menjadi acara tahunan yang selalu digelar, biasanya digelar saat musim panas mulai bulan Juli hingga Agustus. Bahkan belum lengkap rasanya jika melewatkan musim panas tanpa menyaksikan Hanabi

Hanabi juga menjadi pesta rakyat, karena mulai dari anak kecil hingga lansia berbondong-bondong untuk datang dan menyaksikan sebuah pesta hanabi. Bahkan di Jepang selalu mengumumkan jadwal kapan akan diadakannya sebuah pesta hanabi saat musim panas akan tiba, sehingga masyarakat Jepang bisa dengan mudah memilih kapan dan di mana mereka akan menyaksikan hanabi. Nah, jika kalian sedang berlibur ke Jepang pada musim panas dan ingin menyaksikan gemerlapnya pesta hanabi berikut ini ada beberapa list perayaan pesta hanabi :

1. Festival Kembang Api Sungai Sumida

sumidagawa
sumida
pik banget

Sesuai dengan namanya, festival ini diadakan di pinggiran Sungai Sumida (dekat Asakusa), Tokyo dan merupakan festival kembang api terbesar di kota Tokyo. Festival ini pertama kali diselenggarakan pada 9 Juli 1733 untuk mendoakan penduduk yang meninggal akibat kolera dan kelaparan di Jepang pada tahun 1733. Sampai sekarang selalu dilaksanakan setiap tahun, pelaksanaannya pada setiap hari Sabtu di minggu terakhir bulan Juli.

Ada 2 tempat peluncuran kembang api yaitu dari Hilir Sakurabashi dan Hilir Komagata Bashi. Setiap tahunnya selalu ada 1 juta lebih orang untuk menyaksikan 20.000 kembang api yang akan dinyalakan. Penonton bisa menyaksikan pertunjukkan kembang api ini dari tepian Sungai Sumida ataupun dari kapal pesiar yang sedang melintasi Sungai Sumida. Wah meriah sekali ya!

2. Festival Kembang Api Nasional Oomagari

52893
52890
52886
52880

Festival ini telah ada sejak Zaman Meiji, Tahun 1910 yang kemudian setiap tahunnya diadakan pada hari Sabtu keempat bulan Agustus . Bukan hanya sekedar menampilkan kembang api saja, tapi dalam acara ini juga ada sebuah kompetisi yang diikuti oleh ahli kembang api di seluruh Jepang dan pemenangnya akan mendapat penghargaan dari Perdana Menteri Jepang. Festival ini diadakan di Kota Daisen, Prefektur Akita. 

Jumlah pengunjungnya ada lebih dari 700.000 setiap tahunnya. Sebenarnya festival ini gratis, namun untuk dapat menyaksikan acara ini dengan tenang tanpa harus repot membawa tikar, bisa membeli atau memesan  tiket untuk bangku berbayar terlebih dahulu melalui Website Resmi Oomagari Hanabi . Harga tiketnya bervariasi mulai dari 3000 Yen sampai 23000 Yen.

3. Festival Kembang Api Tenjin

tenjinmatsuri3
tenjin-matsuri-osaka-1200×600
tenjin-matsuri-fireworks-800×539

Sudah ada sejak abad ke-10, festival ini selalu diadakan di hari kedua saat Festival Musim Panas Tenjin yaitu tanggal 25 Juli dan berpusat di Kuil Tenmangu, Osaka. Kembang api yang akan diluncurkan ada sebanyak 4000 kembang api. Selama festival sedang  berlangsung, jalan-jalan di Osaka dipenuhi oleh penduduk sekitar yang sedang melakukan parade menari serta memainkan boneka tradisional. 

Puncak perayaannya yaitu pada Jam 7 malam hingga jam 9 malam, karena ada sungai di dekat kuil tersebut jadi festival ini memiliki keunikan yaitu dalam perayaannya ada perahu yang telah diberi penerangan dari lampion. Sehingga saat kembang api diluncurkan, ada perahu yang lewat dan menarik perhatian pengunjung. 

4. Festival Kembang Api Nebuta Aomori

Aomori-Nebuta-Festival-artforia
image12-1

Festival ini selalu diadakan setiap tahun di Kota Aomori selama 6 hari, mulai tanggal 2 – 7 Agustus. Rangkaian acaranya yaitu arak-arakan atau parade kendaraan yang telah dihias menjadi tokoh pejuang, dewa, atau bisa juga iblis. Biasanya hiasan kendaraan memiliki panjang 2 meter, sehingga bisa menyambungkan sebanyak 20 kendaraan. Puncak dari acara ini yaitu pertunjukkan kembang api yang dilakukan pada hari terakhir. Setiap tahunnya selalu didatangi rata-rata 3 juta pengunjung. 

Gimana? Semua festivalnya keren-keren banget kan? Sudah menemukan mana festival hanabi yang akan dikunjungi saat wisata ke Jepang nanti? Kami bisa membantu untuk arrange tour impian anda, serta JR Pass, dan Tiket liburan anda.

Sumber :

https://www.oomagari-hanabi.com/hanabi.html

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Ayo Main ke Theme Park Unik di Jepang yang Seru Abis!

  2. 5 Tempat Wisata Terbaik di Tochigi, Jepang

  3. Memasuki Dunia Seni Digital Kreasi TeamLab

  4. Merasakan Kembali Zaman Samurai Jepang di Kota Tua Takayama

  5. Menikmati “Romantis”-nya Kyoto dengan Sagano Romantic Train

  6. Berlayar di Atas Indahnya Sungai Sumida di Tokyo

Hubungi kami via WhatsApp