Festival-festival yang Wajib Dikunjungi saat Musim Panas di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Hal unik yang menarik yaitu, di Jepang selalu ada festival-festival yang diadakan di setiap musimnya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang festival yang wajib banget dikunjungi saat musim panas di Jepang. Tapi sebelumnya, kamu sudah tahu belum sih kapan musim panas di Jepang akan berlangsung? Musim panas di Jepang akan dimulai dari bulan Juni hingga Agustus. Meskipun suhu rata-rata saat musim panas bisa mencapai 35℃, masyarakat Jepang tetap antusias untuk melakukan kegiatan-kegiatan di luar ruangan, yaitu dengan mengadakan atau mendatangi festival atau matsuri. Apa saja sih festival nya? Langsung saja check this out!

1. Festival Tanabata

Festival Tanabata memiliki nama lain, yaitu “Festival Bintang” yang merupakan suatu perayaan pergantian musim di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Festival ini berasal dari legenda Tiongkok dan Jepang yang mengisahkan tentang 2 bintang yang saling jatuh cinta kemudian melalaikan tugasnya hingga membuat murka Dewa Langit, sehingga mereka dipisahkan dan hanya boleh bertemu saat tanggal 7 di bulan ke 7 (Juli). Dari tanggal tersebut kemudian menjadi tanggal Festival Tanabata dilaksanakan. Festival ini dilaksanakan di berbagai kota di Jepang, salah satunya di Sendai.Festival Tanabata memiliki nama lain, yaitu “Festival Bintang” yang merupakan suatu perayaan pergantian musim di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Festival ini berasal dari legenda Tiongkok dan Jepang yang mengisahkan tentang 2 bintang yang saling jatuh cinta kemudian melalaikan tugasnya hingga membuat murka Dewa Langit, sehingga mereka dipisahkan dan hanya boleh bertemu saat tanggal 7 di bulan ke 7 (Juli). Dari tanggal tersebut kemudian menjadi tanggal Festival Tanabata dilaksanakan. Festival ini dilaksanakan di berbagai kota di Jepang, salah satunya di Sendai.

tanabata-matsuri-star-festival
tanabata-decorations-in-Japan
22-56974

Dalam perayaannya, ada sebuah dekorasi pohon bambu yang akan diberi gantungan kertas warna-warni pada rantingnya. Kertas-kertas ini bertuliskan harapan seseorang yang menulisnya. Biasanya dekorasi pohon ini diletakkan di berbagai pusat perbelanjaan ataupun stasiun. Namun, jangan khawatir bagi yang menyaksikan festival ini secara langsung, kamu masih bisa kok merasakan menulis di pohon harapan ini dengan kertas yang akan dibagikan secara gratis saat perayaan festival tanabata. Selain pohon bambu, ada juga hiasan fukinagashi (hiasan pita berbentuk seperti silinder) yang digantungkan dengan tinggi.

2. Festival Gion

Festival Gion adalah salah satu festival terbesar di Jepang, awalnya festival ini diadakan untuk mengusir wabah penyakit menular di Jepang dan hingga sekarang tetap digelar untuk menghidupkan kembali semangat warga. Festival ini dilaksanakan di Kyoto selama satu bulan penuh yaitu pada bulan Juli dan bertempat di persimpangan Jalan Karasuma dan Kawaramachi, Kyoto. Dalam perayaannya, Festival Gion terbagi menjadi 2 sesi, yaitu Saki-Matsuri pada tanggal 17 Juli dan Ato-Matsuri pada tanggal 24 Juli.

2
3942_02
3942_top

Puncak perayaannya berlangsung selama 4 hari yaitu mulai tanggal 14-16 akan ada yoiyama atau pemanasan sebelum kereta Yamaboko diarak, dan tanggal 17 kereta Yamaboko akan mulai diarak ke kota. Kereta Yamaboko adalah kereta roda empat yang terbuat dari kayu dengan berbagai macam hiasan dan ditarik oleh orang-orang, tinggi atap kereta ini biasanya 8 meter. Namun, ada yang mencapai 25 meter jika diukur hingga ujung tombaknya. Sedangkan beratnya mencapai 10 ton. 

Hiasan ini berupa alat-alat keagamaan dan beberapa benda kesenian seperti karpet yang didatangkan dari Eropa dan Tiongkok. Biasanya, Yamaboko disebut dengan “museum seni bergerak” karena sering memajang harta-harta peninggalan keluarga zaman dahulu. Selama puncak perayaan, akan ada berbagai macam stand makanan kaki lima yang bisa kamu nikmati.

3. Festival Mitama

mitamamatsuri06_900 (1)
Omikoshi+at+Yasukuni (1)
Mitama-Matsuri-v08
Mitama+Festival+at+Yasukuni+shrine+in+2016 (1)

Festival Mitama adalah salah satu festival musim panas yang populer di Tokyo yang telah ada sejak tahun 1947, awalnya Festival Mitama diadakan untuk menghormati orang-orang yang telah tewas dalam perang. Festival ini diadakan selama 4 hari pada tanggal 13-17 Juli mulai jam 6 sore di Kuil Yasukuni. Dalam perayaannya ada 20.000 lampion yang dinyalakan dan diletakkan di sepanjang Taman Gaien sampai Kuil Yasukuni. Selama festival ini berlangsung akan ada penampilan Tari Bon Odori, arak-arakan mikoshi (kuil kecil portabel yang diarak), arak-arakan gerobak nebuta (kendaraan yang dihias menjadi tokoh iblis maupun tokoh yang lain), dan akan ada penampilan seni lainnya.

4. Festival Fukagawa Hachiman

Festival Fukagawa Hachiman atau yang juga dikenal dengan Mizukake Matsuri  adalah salah satu dari 3 festival terbesar agama shinto yang diadakan di Tokyo. Festival ini sudah ada sejak Zaman Edo dan digelar untuk menghormati  Dewa Hachiman yang dianggap sebagai pelindung di Jepang. Festival ini diadakan di Kuil Tomioka Hachimangu, Koto, Jepang pada pertengahan bulan Agustus selama 5 hari. Dalam perayaannya akan ada pengangkatan mikoshi berukuran besar dan para pengunjung akan melempari air para pembawa mikoshi dan saling melempar air antar pengunjung

14
08
12364553624_ce5af1227c_o
Fukagawa-Hachiman-Matsuri-Tokyo-water-festival

Meskipun dilaksanakan setiap tahun, tetapi ada yang membuat festival ini berbeda dengan festival yang lain. Setiap 3 tahun sekali akan diadakan Hon-matsuri yang perayaannya lebih megah dan lebih meriah, dimana akan ada 120 mikoshi diusung dan akan ada atraksi mengguncangkan mikoshi. Wah seru banget ya? Nah, di tahun 2020 ini bertepatan dengan diadakannya Hon-matsuri Festival Fukagawa Hachiman loh! Jangan sampai ketinggalan acara ini ya!

Gimana nih, festival-festival di atas seru banget ya? Tertarik untuk datang ke festival-festival tersebut saat liburan ke Jepang? Kami bisa bantu untuk membawamu menyaksikan festival itu loh!

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. Yuk Temukan Spot-spot Instalasi Seni Polkadot Yayoi Kusama!

  2. Berlayar di Atas Indahnya Sungai Sumida di Tokyo

  3. Sakura Calendar 2020

  4. Gemerlap Tata Cahaya di Izukogen Grand Illumination

  5. Kawazu Sakura, Sakura yang Mekar di Bulan Februari

  6. Berburu Bunga yang Mekar pada Bulan April di Jepang

Hubungi kami via WhatsApp