Berlibur Saat Musim Hujan di Jepang? Yuk Coba Hal ini!

Jepang adalah negara yang memiliki 4 musim utama, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Masing-masing musim pasti memiliki ciri khas masing-masing. Nah kali ini kita akan membahas tentang musim hujan di Jepang, bagaimana sih musim hujan di Jepang dan apa saja yang unik saat musim hujan di Jepang? Musim hujan bukanlah musim yang utama di Jepang karena musim hujan adalah hujan yang hadir di penghujung musim semi dan di awal musim panas. Awal musim hujan sering juga disebut “tsuyu” dan akhir musim hujan disebut dengan “tsuyuake”

Orang-orang di Jepang tidak menyukai musim hujan karena hampir setiap hari selalu turun hujan dan membuat udara menjadi lembab, suhunya pun paling tinggi hanya 26℃ dan paling rendah 19℃ yang membuat makanan menjadi mudah basi. Biasanya, hujan sering turun saat akhir Mei sampai pertengahan Juli, namun sebenarnya awal mulai nya hujan per wilayah berbeda-beda. 

Nah berikut adalah tabel perkiraan awal dan akhir terjadinya hujan di Jepang : 

Daerah
Awal Hujan (Tsuyuiri)
Akhir Hujan (Tsuyuake)
Okinawa
Sekitar 9 Mei
Sekitar 23 Juni
Kyushu (Selatan)
Sekitar 31 Mei
Sekitar 14 Juli
Shikoku
Sekitar 5 Juni
Sekitar 18 Juli
Kinki
Sekitar 7 Juni
Sekitar 21 Juli
Kanto
Sekitar 8 Juni 
Sekitar 21 Juli
Tohoku (Utara)
Sekitar 14 Juni
Sekitar 28 Juli

Karena hujan ini terjadi saat pergantian musim semi ke musim panas, tentunya cuaca nya susah sekali ditebak, kadang-kadang bisa hujan seharian, dan kadang juga bisa panas sekali saat tidak turun hujan. Nah jadi buat kamu yang berlibur di Jepang di sekitar bulan Mei hingga Juli, maka kamu harus mempersiapkan hal-hal ini: 

Ramalan Cuaca

201912020165_top_img_A
20190405-00121130-roupeiro-000-11-view

Cuaca yang tidak menentu membuat orang bingung saat ingin berpergian. Apakah akan hujan atau tidak? Hal yang bisa membantu untuk memprediksi cuaca yaitu sebuah ramalan cuaca yang biasanya dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang.

Jas Hujan atau Payung Lipat

1_dTsWP51UlCToVyU1jAYdYA
udan udan

Kadang meskipun telah diramalkan oleh Badan Meteorologi bahwa “tidak akan hujan”, bisa saja tiba-tiba hujan loh! Nah maka dari itu, jangan lupa membawa payung atau pun jas hujan saat akan berpergian di saat musim hujan tiba karena cuaca juga tak menentu.

Sepatu Anti Air

20170217-london-w-fw-0308-663516c79f3afcc9a94a8e2451de4eb5_750x500
designer-rain-boots

Siapa sih yang nyaman berjalan kaki saat sepatu basah? Sepatu yang basah juga bisa menimbulkan bau, duh jangan sampai ya liburan mu terganggu karena sepatumu basah dan bau! Nah untuk itu, siapkanlah sebuah sepatu yang nyaman dipakai dan anti air ya!

Setelah mempersiapkan hal-hal tersebut tentunya kamu ingin menikmati liburanmu saat ke Jepang kan? Sudah jauh-jauh ke Jepang tapi tidak jalan-jalan hanya karena musim hujan, kan sayang sekali! Nah berikut ini, kami rekomendasikan hal-hal yang bisa kamu nikmati saat mulai memasuki musim hujan di Jepang :

Menikmati indahnya Bunga Hydrangea

bunga-hydrangea
bunga hydrangea
bunga 1

Bunga Hydrangea adalah jenis bunga yang mekar saat musim hujan di Jepang. Bunga ini sangatlah populer di Jepang. Memiliki kelopak yang berwarna pink keunguan dengan daun yang hijau dan sedikit basah saat setelah terkena hujan, membuatnya segar dipandang mata dan cocok banget buat kamu potret loh! Biasanya, bunga ini bisa kamu temui di East Garden, Istana Kekaisaran Tokyo dan Taman Kuil Hakusan, Bunkyo.

Menikmati Keindahan Bunga Iris

bunga iris iris
bunga iris
bungaaaaaaa iris iris

Bunga iris atau yang dalam bahasa jepang bernama “hanashobu” ini memiliki kesan yang elegan dan sangat indah saat dinikmati di musim hujan serta instagramable banget buat kamu potret! Biasanya bunga-bunga ini bisa ditemukan di taman-taman area kuil di seluruh Jepang

Shopping di Wakeari Honpo

payung 2
payung 1
payung 3
payung 4
payung 5

Berlibur ke Jepang rasanya kurang banget kalau tidak shopping, nah saat kamu liburan ke Jepang di musim hujan dan lupa tidak membawa payung atau jas hujan bahkan sepatu anti air, kamu bisa banget loh shopping ke Wakeari Honpo. Wakeari Honpo terletak di Asakusa, di toko ini kamu bisa menemukan aneka pernak-pernik dan barang-barang yang lucu loh! Bahkan kamu bisa menemukan payung dan peralatan di musim hujan lainnya yang lucu dan unik disini, seperti payung bermodel katana. Jangan lupa mampir ya, barangkali bisa nemu oleh-oleh disini!

Nah itu tadi adalah hal-hal atau tips yang bisa kamu lakukan saat berlibur saat musim hujan di Jepang! Selamat Berlibur!

 

Contact Us

 

Similar airticle

  1. 5 Tempat Romantis di Jepang

  2. Aquarium Terbesar dan Termodern di Jepang

  3. Inilah Oleh-oleh Murah dan Halal dari Jepang dan Tempat Kamu Bisa Membelinya

  4. Yang Ditunggu-tunggu, JR Pass Kini Bisa Dibeli Secara Online!

  5. 5 Hal yang Harus Dilakukan di Shizuoka

  6. Tips Menggunakan JR Pass untuk Naik Shinkansen di Jepang

Hubungi kami via WhatsApp